Penjelasan Sistem Pengkabelan Jaringan Komputer

Menurut Wikipedia, jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan komputer saling berkomunikasi untuk bertukar data. Setiap bagian dari jaringan komputer (Jarkom) dapat meminta dan menyediakan layanan. Pihak yang meminta / menerima layanan disebut klien dan pihak yang menyediakan / mengirim layanan disebut server. Desain ini disebut sistem client-server dan digunakan di hampir semua aplikasi jaringan komputer.

Sistem Pengkabelan Jaringan Komputer

2 komputer, yang kedua komputer tersebut mempunyai kartu jaringan, dihubungkan dengan kabel atau nirkabel sebagai sarana transmisi data, dan ada perangkat lunak sistem operasi jaringan yang membentuk jaringan komputer sederhana. Bisa membuka wiringforums jika Anda ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas, peralatan tambahan seperti hub, jembatan, sakelar, router, dan gateway diperlukan sebagai peralatan interkoneksi.

Untuk membuat jaringan komputer, peralatan tambahan seperti hub, jembatan, sakelar, router, dan gateway diperlukan sebagai peralatan interkoneksi. Tetapi peralatan tambahan diperlukan selain yang baru saja disebutkan, yaitu, panel koneksi dan kabel koneksi, pada kenyataannya, panel koneksi dan kabel koneksi tidak terdengar asing di telinga kita dan banyak yang tidak tahu fungsi panel koneksi dan kabel koneksi, tetapi jika Anda ingin membuat jaringan komputer yang lebih kompleks dan dengan rentang yang lebih luas dari panel koneksi dan kabel koneksi diperlukan.

Panel koneksi adalah perangkat dalam sistem jaringan komputer yang berguna untuk mengatur atau mengelola kabel sehingga lebih bersih dan terstruktur. Patch Panel umumnya digunakan dalam sistem jaringan komputer, studio rekaman, radio, televisi dan lainnya.

Meskipun kabel koneksi atau juga dikenal sebagai kabel pacth adalah kabel tembaga yang memiliki konektor RJ45, TERA atau GG45 di kedua ujungnya, meskipun ada versi hybrid yang memiliki berbagai jenis konektor di ujungnya. Kabel Pacth juga sering digunakan untuk menghubungkan port switch atau server ke sistem pemasangan kabel terstruktur.

Di bawah ini adalah contoh menginstal sistem jaringan komputer tanpa menggunakan kabel koneksi.

Menghubungkan kabel tanpa administrasi yang tepat dapat menjadi kusut dan tersumbat port yang membuat pelepasan dan penggantian menjadi sulit dan berkepanjangan.

Kemudian, setelah menggunakan kabel koneksi, akan seperti gambar di bawah ini.

Dengan memasang alat manajemen kabel antara panel koneksi dan sakelar, kabel koneksi dapat diatur secara teratur dan mengurangi tekanan pada konektor kabel koneksi.

Secara umum, penggunaan panel koneksi tentu akan membuat kabel terlihat rapi, tetapi ruang di dalam panel akan sempit, panel koneksi datar mengharuskan alat manajemen kabel dipasang di atas dan di bawah yang mereka gunakan ruang rak.

Dengan menggunakan panel koneksi siku, penggunaan panel koneksi siku ini dapat menghemat ruang rak dan meningkatkan kepadatan koneksi dengan mengurangi kebutuhan akan alat manajemen kabel horisontal antara panel koneksi.

Kabel penghubung diarahkan ke kiri dan kanan frame ke alat manajemen vertikal berkapasitas tinggi. Desain siku juga memfasilitasi akses ke port dan mengurangi tekanan pada konektor kabel koneksi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>